Minggu, 19 Agustus 2012

BASE TRANSCEIVER STATION OPEN (OpenBTS)

OpenBTS (Base Transceiver Station Open) adalah perangkat lunak berbasis GSM access point, yang memungkinkan standar GSM yang kompatibel dengan ponsel untuk digunakan sebagai titik akhir SIP di Voice over IP (VOIP) jaringan. OpenBTS dirilis pada publik sangat penting karena implementasi perangkat lunak bebas pertama dari tiga lapisan bawah tumpukan standar industri protokol GSM. Hal ini ditulis dalam C + + dan dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah persyaratan versi 3 dari Lisensi Publik Umum GNU Affero (AGPL).
Open GSM infrastructure
OpenBTS menggantikan operator GSM infrastruktur jaringan inti konvensional dari layer 3 ke atas. Bukan saja mengandalkan pada pengendali base station eksternal untuk manajemen sumber daya radio, unit OpenBTS melakukan fungsi ini secara internal. Alih-alih meneruskan lalu lintas panggilan melalui ke pusat mobile switching operator, OpenBTS memberikan panggilan melalui SIP ke saklar lembut VOIP (seperti FreeSWITCH atau Yate) atau PBX (seperti Asterisk). Switch ini VOIP PBX atau perangkat lunak dapat diinstal pada komputer yang sama digunakan untuk menjalankan OpenBTS itu sendiri, membentuk jaringan mandiri selular di satu sistem komputer. Beberapa OpenBTS unit juga dapat berbagi VOIP saklar umum atau PBX untuk membentuk jaringan yang lebih besar.
OpenBTS antarmuka menggunakan software-defined radio transceiver dengan tidak ada perangkat keras GSM khusus. Pelaksanaan asli menggunakan USRP dari Research Ettus, tetapi saat ini telah diperluas untuk mendukung radio digital beberapa implementasi mulai dari skala penuh BTS untuk femtocell.
History
Proyek ini dimulai oleh Harvind Samra dan David A. Burgess dengan tujuan proyek untuk agar secara drastis mampu mengurangi biaya penyediaan layanan GSM di daerah pedesaan, negara berkembang, dan sulit untuk mencapai lokasi seperti rig minyak. Proyek ini awalnya dilakukan melalui Kestrel Signal Processing, sebagai perusahaan konsultan.
Pada tanggal 14 September 2010 di DEMO konferensi, diluncurkan Jaringan Rentang/Range Networks sebagai perusahaan pencetus untuk mengkomersilkan OpenBTS sebagai basis produk.
Platforms
Sejumlah besar instalasi eksperimental telah menunjukkan bahwa OpenBTS dapat berjalan pada platform overhead yang sangat rendah. Ini termasuk untuk beberapa handset CDMA - membuat gateway GSM ke jaringan CDMA. Keamanan komputer peneliti Chris Paget melaporkan bahwa perangkat/alat komunikasi genggam, seperti ponsel Android, dapat bertindak sebagai gateway ke base station yang dapat menghubungkan handset, Droid kemudian menghubungkan panggilan menggunakan server Asterisk on-board dan jalur sinyal mereka ke PSTN melalui SIP melalui jaringan 3G yang ada.
Security
Pada konferensi 2010 DEF CON, itu menunjukkan bahwa GSM dengan  panggilan OpenBTS  dapat dengan mudah disadap karena terdapat fakta bahwa dalam GSM handset dengan panggilan OpenBTS tidak mengautentifikasi base station sebelum mengakses system jaringan.
OpenBTS telah digunakan oleh komunitas riset keamanan untuk menghitung penerapan/implimentasi pada prosesor baseband telepon selular. Sebelumnya, hasil penyelidikan dengan melakukan penerapan/implimentasi tersebut dianggap tidak praktis karena dari tingginya biaya peralatan base station tradisional selular.
Field tests
Percobaan OpenBTS dengan skala besar telah dilakukan di Amerika Serikat di Nevada dan California utara menggunakan lisensi radio sementara untuk diterapkan melalui Signal Processing Kestrel And Range Network,Inc.
Burning Man
Selama festival Burning Man pada bulan Agustus 2008, uji lapangan selama seminggu hidup itu berjalan di bawah lisensi otorisasi khusus sementara. Meskipun tryout/percobaan ini tidak dimaksudkan untuk menjadi terbuka untuk peserta festival Burning Man  pada umumnya, sejumlah orang di sekitarnya berhasil membuat panggilan keluar setelah konfigurasi instalasi PBX Asterisk memungkinkan panggilan diawali dengan melalui kode internasional melalui. Percobaan pada festival Burning Man berhasil tersambung panggilan telepon sekitar 120-95 nomor yang berbeda dalam kode area Amerika Utara.
Pada festival Burning Man 2009, setup uji lebih besar dijalankan menggunakan sistem 3-sektor. Untuk festival 2010, 2-sektor yang lebih besar 3-Carrier System diuji.
Pada festival 2011, proyek OpenBTS membuat jaringan 3-situs dengan gateway VSAT dan bekerja bersama dengan Voice over Voxeo perusahaan jasa IP untuk menyediakan banyak panggilan off-situs rute.
Tes "RELIEF" adalah serangkaian latihan tanggap bencana yang dikelola oleh Naval Postgraduate School . Range Network dioperasikan dengan menggunakan jaringan OpenBTS, tes pada latihan RELIEF pada bulan November 2011 dan Februari 2012.
Selama tahun 2010, sistem OpenBTS dipasang di Pulau Niue dan menjadi instalasi pertama yang akan terhubung dan diuji dengan perusahaan telekomunikasi. PulauNiue adalah sebuah negara kepulauan yang sangat kecil dengan penduduk sekitar 1.700 - terlalu kecil untuk menarik penyedia telekomunikasi selular. Struktur biaya OpenBTS cocok untuk Pulau Niue, yang membutuhkan layanan telepon mobile tetapi tidak memiliki volume pelanggan potensial untuk membenarkan membeli dan mendukung sistem GSM basestation konvensional.
Keberhasilan instalasi ini dan permintaan menunjukkan untuk membantu layanan jasa bootstrap kemudian menjadi komersial. Dari 26 Juli sampai 29 Juli 2012 Ninja Networks tim mendirikan "NinjaTel Van" dalam Vendor area Defcon 20 (di Hotel Rio / Casino di Las Vegas.), menggunakan OpenBTS dan melayani jaringan kecil 650 ponsel GSM dengan kartu custom SIM.

Link Source :

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Convey useful and polite, because we are trying to provide benefits for all of us.